Minggu, 02 Oktober 2011

Tugas Mind Map

Mind Mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind Mapping mengembangkan cara pikir divergen, berpikir kreatif. Mind Mapping adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan. 

Mind map akan memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas. Selain itu memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita berada, mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat, mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru dan intinya menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat
Yang kita butuhkan saat membuat mind map adalah :
  • Kertas kosong polos
  • Pulpen (pena) dan pensil warna
  • Otak
  • Imajinasi
Dalam berimajinasi ada hal-hal, seperti : Melebih-lebihkan, tawa, indra, warna, irama, berfikir positif. Asosiasi adalah cara menghubung-hubungkan apa yg kita tahu. Membuat asosiasi seperti ini akan menyenangkan dan mudah sekaligus memberimu kesempatan untuk membugarkan imajinasimu. Dalam asosiasi terdapat hal-hal khusus yaitu pola,angka dan simbol.
Mind Map adalah alat pilihan untuk membantu kamu menajamkan ingatan. Mind map dapat bekerja dengan baik karena ia menggunakan kedua pemain utama dari ingatanmu adalah imajinasi dan asosiasi.

Intinya mind mapping membuat kita lebih mudah dalam mengingat dan menghafal, mind map adalah cara jitu dan cepat untuk kita menghafal. Dengan mind map kita dapat lebih memaksimalkan otak kita. Karena dalam mind map kita tidak merasa jenuh oleh tulisan yang monoton.

0 comments:

Posting Komentar